Minggu, 20 Desember 2015

Harapan dan Kekhawatiran Tahun 2000



“Tahun dua ribu tahun harapan
Yang penuh tantangan dan mencemaskan
Wahai pemuda dan para remaja
Ayo siapkan dirimu
Siapkan dirimu, siap ilmu, siap iman”
Mungkin beberapa kawan-kawan asing ya dengan lirik lagu itu? Yah itu adalah lagu yang berjudul “Tahun 2000” yang dinyanyikan oleh grup Qasidah Nasida Ria. Sedikit tentang grup Nasida Ria ya untuk kawan-kawan yang belum tahu. Grup Qasidah ini menurut Wikipedia merupakan grup Qasidah tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1975.
Kelompok musik Qasidah modern ini terdiri dari 9 wanita dari Semarang yang dikelola oleh H. Mudrikah Zain. Lagu lain dari kelompok musik ini diantaranya, Kota Santri, Pengantin Baru, Keadilan, Nasehat Cinta dan banyak lainnya, bahkan beberapa lagunya di kover oleh band Indonesia seperti lagu Perdamaian yang di kover oleh  band Gigi. Lagunya tidak lekang oleh waktu karena di dalamnya mengandung nilai-nilai yang positif dan disampaikan dengan lagu yang merdu.
Balik lagi ke lagu Tahun 2000 ya, saat lagu itu nge-hits aku masih berumur 5 tahun dan duduk di bangku TK atau saat itu aku bersekolah di Roudlotul Athfal (RA). Lagu itu tidak lagi asing di telingaku berhubung simbahku yang sangat menyukai lagu-lagu Qasidah dan hampir setiap hari mendengarkan lagu-lagu itu sembari melakukan aktifitasnya sehari-hari.
Jika kita lihat pada bait awal lagu ini, tahun 2000 ini adalah tahun tantangan, tahun penuh kecemasan. Sebenarnya ada apa dengan tahun 2000? Atau biasa orang menyebutnya dengan tahun millenium. 
Terlepas dari peristiwa Year 2 Kilo (Y2K) ya, nanti bisa kawan-kawan baca sendiri peristiwa apa itu. Pada tahun 2000 ini terjadi revolusi industri yang keempat, dimana kita ketahui bahwa revolusi industri pertama pada tahun 1784, kedua pada tahun 1870, ketiga pada tahun 1969 dan yang keempat bertepatan pada tahun 2000 yang dimulai di Jerman. Dengan revolusi industri ini, produksi barang kebutuhan menjadi lebih murah karena semua serba mesin baik dari pihak produsen maupun konsumen dan serba otomatis.
Selain itu juga pada tahun 2000 dalam bidang teknologi Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan (Dikmenjur) melaksanakan sebuah program yang disebut dengan Jaringan Internet atau Jarnet. Guna mempercepat internetisasi di sekolah-sekolah menengah.
Mari sedikit kita hayati bait lagu ini. Berhadapan dengan  perkembangan teknologi dan industri tersebut. Apa yang sudah kita siapkan?? Dalam bait pertama lagu itu dikatan “Wahai pemuda dan para remaja ayo siapkan dirimu siapkan dirimu, siap ilmu, siap iman”. Sekarang tahun 2000 itu sudah berlalu 15 tahun yang lalu dan  dampak perkembangannya kita rasakan sampai saat ini. Semua serba mesin, pengangguran semakin banyak dan lahan untuk sawah dijadikan pabrik. Masih banyak lagi dampak yang kita rasakan saat ini.
Keterampilan, Ilmu dan iman yang harus kita siapkan, ilmu sosial, agama, teknologi sains dan lainnya sesuai dengan keahliannya. Namun yang banyak dilupakan oleh orang saat ini adalah siap iman. Dengan perkembangan zaman yang semakin pesat danpa disaring mana yang baik dan mana yang berdampak buruk, orang-orang menikmati perkembangan tersebut. Berhadapan dengan perkembangan teknologi harus diimbangi dengan iman yang kuat. Keterampilan, Ilmu dan iman lah yang akan membawa kita pada kebaikan dunia dan kebaikan akhirat.
Untuk lebih lengkapnya lagi, mari simak lirik lagu “Tahun 2000” secara lengkap.
Lirik Lagu Tahun 2000 - Nasidaria

Description: Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...tahun duaribu tahun harapan,
yang penuh tantangan dan mencemaskan
wahai pemuda dan para remaja,
ayo siapkan dirimu
siapkan dirimu, siap ilmu siap iman
siap

tahun duaribu kerja serba mesin,
berjalan berlari menggunakan mesin
manusia tidur berkawan mesin,
makan dan minum dilayani mesin
sungguh mengagumkan tahun duaribu
namun demikian penuh tantangan

penduduk makin banyak,
sawah ladang menyempit
mencari nafkah smakin sulit
tenaga manusia banyak diganti mesin,
pengangguran merajalela

sawah ditanami gedung dan gudang,
hutan ditebang jadi pemukiman
langit suram udara panas
akibat pencemaran

wahai pemuda remaja
sambutlah tahun 2000
 penuh semangat
dengan bekal ketrampilan,
serta ilmu dan iman"
bekal ilmu dan iman

tulisan ini di tulis sebagai pemuas sahabatku Mas Fahmi, Aam dan Baihaqi memenuhi tantangan Writing Challange 2 dengan tema "Tahun 2000"

0 komentar:

Posting Komentar